Tips Merintis Bisnis sebagai Dropshipper, Ini 5 Langkahnya

Sumber : freepik.com

 

Dropshipper jadi salah satu lini bisnis yang mulai banyak dilirik, berkat iming-iming operasional yang praktis dan tak perlu banyak memakan waktu. Meski nyatanya tak selalu demikian, namun buktinya tak sedikit yang kemudian ingin menjadi seorang dropshipper dan merintisnya.

Tapi apa langkah pertama yang harus dilakukan guna memiliki bisnis seperti ini dan bisa berjalan baik kedepannya?

Well, tentu setiap usaha memerlukan sederet persiapan yang matang agar dapat berjalan baik, tak terkecuali bisnis dropship ini. Maka agar mendapatkan sedikit gambaran, berikut beberapa kami sajikan untuk Anda.

 

Pertama dan Utama, Produk

Sumber : freepik.com

Apa produk yang banyak dicari publik? Produk apa yang sekiranya bisa memberikan keuntungan dalam jumlah yang sesuai dengan harapan Anda?

Pertanyaan ini terlebih dahulu harus dijawab. Sebagai seorang dropshipper, penting untuk menentukan produk yang sesuai dengan pasar yang akan dituju. Tak masalah apapun kategori produknya, selama Anda menemukan bahwa produk tersebut laku dipasaran, maka Anda bisa mengambilnya.

Tentu, dengan pertimbangan keuntungan yang didapatkan, kualitas produk yang dijual, Anda harus tetap mendapatkan profit yang masuk akal dari transaksi yang mungkin terjadi. Riset pada produk akan jadi langkah pertama yang Anda butuhkan.

 

Lihat Kondisi Pasar

Tentu dropshipper tak hanya menjadi ide bisnis yang Anda miliki, namun juga dimiliki banyak orang lain. Sembari melakukan riset produk, ada baiknya juga untuk melihat kondisi pasar saat ini. Bagaimana keadaan ‘kolam’ yang ingin Anda masuki ini? Apakah sudah padat dengan ikan besar atau justru masih sangat potensial?

Memilih pasar yang tepat dan persaingan yang masih masuk akal akan jadi langkah kedua Anda. Pastikan Anda bisa memetakan bagaimana kompetitor yang harus Anda hadapi, agar bisa menyusun strategi penjualan yang jitu.

Kompetitor yang pada menunjukkan bahwa produk yang Anda pilih memiliki pasar potensial besar. Namun tanpa siasat dan strategi yang tepat, Anda hanya akan membuang waktu untuk bersaing dengan kompetitor yang sudah lama berkecimpung di sana.

 

Dapatkan Supplier yang Sesuai

Sumber : freepik.com

Misi ketiga untuk menjadi seorang dropshipper adalah menemukan supplier yang tepat. Supplier ini akan jadi pihak yang memberikan barang pada Anda, untuk kemudian ditawarkan dan dikirimkan ke pelanggan yang menghubungi Anda.

Saat mencari supplier, pastikan benar bahwa kualitas barang sesuai dengan apa yang ditawarkan. Jika diperlukan Anda bisa melakukan pemesanan awal untuk quality control. Hal ini juga direkomendasikan untuk dilakukan berkala demi menjaga kualitas barang dan brand yang Anda buat nanti.

Temukan supplier yang terbaik, baik dari sisi lokasi, kualitas barang, kualitas layanan, dan kecepatan respon. Supplier yang baik akan menopang bisnis dropshipping Anda sehingga bisa menjaga kepuasan pelanggan dalam jangka waktu lama.

 

Buat ‘Bisnis’ Anda

Memiliki produk, supplier, dan strategi pemasaran, kini saatnya Anda membuat ‘bisnis’ Anda sendiri di marketplace yang paling tepat. Uniknya dari bisnis yang satu ini, Anda bisa membuat brand sendiri dari produk yang  Anda jual dari supplier, dan Anda tak perlu memiliki gudang untuk menyimpan barang.

Buat satu toko online dengan branding-an Anda sendiri, yang dapat menarik pelanggan datang dan berbelanja produk di tempat Anda. Tak masalah jika produk yang ditawarkan beragam dan dari berbagai supplier berbeda, selama transaksi bisa terjadi di toko yang Anda kelola.

Anda tinggal meneruskan pesanan ini ke supplier yang Anda miliki, kemudian memintanya mengirim langsung ke alamat pelanggan dengan nama bisnis Anda. Proses ini berjalan cepat dan sudah memiliki sistem, bahkan hingga pengelolaan pembayarannya.

Berbagai strategi pemasaran bisa dijalankan di sini, tergantung hasil dari analisa yang sudah Anda buat. Tak berbeda jauh dengan memiliki produk sendiri, cara pemasaran yang dilakukan bertujuan untuk membuat produk Anda laku dan pelanggan merasakan pengalaman terbaik saat bertransaksi di toko Anda.

 

Jaga Loyalitas Pelanggan, Tugas Dropshipper yang Tak Kalah Penting

Sumber : freepik.com

Setelah berjalan dan mendapatkan pelanggan, maka tugas Anda selanjutnya sebagai seorang dropshipper adalah untuk menjaga loyalitas pelanggan. Caranya banyak, mulai dari kontrol kualitas produk, respon cepat, solutif dalam menanggapi keluhan, dan menawarkan promo atau potongan harga.

Memberikan pengalaman terbaik pada setiap pelanggan juga akan jadi poin besar. Ketika pelanggan bertanya, berikan informasi yang mereka butuhkan. Layani dengan ramah, dan respon dengan cepat. Hal kecil seperti ini bisa membuat pelanggan merasa nyaman bertransaksi di toko Anda.

Sebenarnya dropshipper sendiri merupakan kesempatan bisnis yang menjanjikan. Tentu dengan pengelolaan dan perencanaan yang tepat, bisnis ini dapat memberikan keuntungan besar untuk Anda.

Untuk mendukung usaha dropshipper yang Anda ingin lakukan, pastikan juga untuk selalu menggunakan layanan pembayaran yang kredibel. Dengan perlindungan data yang tinggi serta transaksi yang cepat, Jokul by DOKU siap menjadi partner Anda. Berikan kepuasan pada pelanggan dengan transaksi praktis, cepat, dan aman!