Sukses Jual Beli Mobil dengan Manajemen Keuangan

Untuk mencari jual beli mobil yang aman susah-susah gampang. Anda perlu memperhatikan dari mobil yang dijualnya. Mulai dari kelengkapan surat, merek, tahun pembuatan, dsb. Selain itu, untuk membuka bisnis ini tentu membutuhkan keuangan yang stabil.

Jual beli mobil baru banyak ditemukan disekitar kita. Peluang bisnis ini juga terbilang besar karena bisa meraup keuntungan yang besar. Namun, manajemen keuangan tidak boleh dianggap remeh karena berperan besar dalam perkembangan usaha mobil Anda.

Tips Jual Beli Mobil dengan Manajemen Keuangan

Jual mobil baru perlu memikirkan keuangan Anda karena tentu harus melakukan stock terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk jual beli mobil yang aman dan mengecilkan resiko kerugian finansial Anda.

1. Beli Mobil Cash

Bagi Anda yang ingin membeli mobil untuk dijual kembali, disarankan untuk tidak membelinya dengan sistem kredit. Hal ini karena dengan melalui kredit, Anda harus membayar bunga per bulannya dan ini tentu akan menambah harga jual lebih mahal.

Namun, jika membeli cash, akan lebih mudah uang untuk dikelola. Keuntungan yang didapatkan juga bisa lebih tinggi. Selain itu, mobil bisa dengan mudah jatuh ke tangan Anda. Jadi, ketika ada pelanggan yang membelinya, mobil sudah ready dan siap dijual.

2. Tabung Setengah Penghasilan Setiap Bulan

Penghasilan yang didapat jangan dihabiskan semuanya jika ingin digunakan sebagai modal mobil. Disarankan untuk menabungnya setengah atau 50%. Dengan demikian, keuangan Anda bisa lebih cepat banyak sehingga dapat membeli mobil secara cash.

Bisa juga dengan mencari pekerjaan tambahan agar uang cepat terkumpul dan bisa membeli mobil dengan cepat.

3. Tidak Ambil KPR atau Kredit Lain

Bagi Anda yang ingin membuka jual beli mobil, dianjurkan tidak mengambil KPR, hutang, atau kredit lainnya. Ini berguna agar manajemen keuangan dapat berjalan dengan baik. Minimalkan pengeluaran untuk kredit lainnya karena ini bisa menjadi penghambat untuk modal mobil.

4. Siapkan Modal 30% Per Bulan

Cara beli mobil selanjutnya yaitu bisa menyisihkan 30% dari gaji Anda. Cara ini diterapkan ketika tidak bisa menabung setengahnya dari pendapatan yang masuk.

Meskipun butuh lama, impian beli mobil baru bisa terwujud dan ini bisa dijual kembali jika semakin banyak orang yang membeli pada usaha Anda.

5. Menjual Aset

Cara selanjutnya untuk tips jual beli mobil yaitu menjual aset yang dimiliki. Namun, ini perlu direncanakan secara matang karena setiap bisnis memiliki faktor resiko gagal. Jangan sampai mengalaminya.

Dengan menjual aset, modal beli mobil bisa segera terpenuhi. Anda bisa menjual aset seperti warisan, tanah, sawah, atau rumah. Perlu digaris bawahi, jual aset yang memang kosong dan tidak ditempati.

Jangan sampai menjual aset yang ditempati karena bisa mengancam tempat bernaung Anda. Selain itu, juallah di waktu saat harga aset sedang naik-naiknya.

6. Perhatikan Jenis Mobil

Tips terakhir yaitu menentukan jenis mobil apa yang ingin dibeli. Ini sangat penting agar bisa mengatur keuangan dengan baik di masa mendatang. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kekuatan finansial. Cara yang paling efektif dan cepat yaitu menggunakan platform SEVA.

Di era digital saat ini, manfaatkan platform ini untuk membeli mobil yang aman dan terpercaya. Sudah dilengkapi dengan fitur instant approval yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Hal ini akan jauh memudahkan Anda dalam membeli mobil.

Penutup

Itulah tips sukses jual beli mobil dengan manajemen keuangan yang baik agar keuangan Anda tetap aman dan stabil.