Paham Lebih Dekat Dengan Kegiatan Perdagangan Internasional

Kegiatan perdagangan merupakan salah satu bukti manusia sebagai makhluk sosial. Kegiatan perdagangan dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup yang tidak bisa diprduksi oleh dirinya sendiri.

Dalam perkembangan zaman sekarang ini, kegiatan perdagangan tidak hanya dilakukan antar wilayah dalam negeri saja. Kegiatan perdagangan sudah mulai meluas ke wilayah antar negara. Kegiatan perdagangan lintas negara sering dikenal dengan nama perdagangan internasional.

Arti

Perdagangan internasional memiliki arti kegiatan jual beli yang dilakukan oleh penduduk dari suatu negara dengan penduduk dari negara lain. Penduduk di sini dapat diartikan sebagai antar perorangan, antara pemerintah suatu negara dnegan individu, ataupun antara pemerintah negara satu dengan negara lainnya.

Perdagangan internasional tidak dapat kita hindari. Hal ini karena pada dasarnya tidak ada negara yang dapat memenuhi semua kebutuhan penduduknya sendiri, sehingga diperlukan perdagangan internasional. Secara umum, perdagangan internasional terjadi untuk dapat memenuhi kebutuhan sebuah negara akan barang ataupun jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negeri tersebut. Barang ataupun jasa tersebut tidak dapat diproduksi dikarenakan adanya faktor-faktor penghambat. Sebagai contoh, Indonesia belum mampu memproduksi mobil karena adanya keterbatasan tenaga ahli dan modal. Hal tersebut memungkinkan Indonesia untuk melakukan kegiatan perdagangan internasional dengan negara lain seperti Jepang dan Cina.

Manfaat

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri akan barang atau jasa, kegiatan perdagangan internasional juga memiliki banyak manfaat. Manfaat pertama dari kegiatan perdagangan internasional yaitu dapat meningkatkan pendapatan negara. Dengan adanya kegiatan perdagangan internasional, perusahan-perusahaan ataupun pemerintah dapat menjual barang ke pasar yang lebih luas dan tentunya lebih banyak.

Dengan adanya pasar yang lebih luas, produktivitas barangpun juga makin banyak. Hal tersebut berimbas pada tumbuhnya lapangan-lapangan kerja baru yang dapat menyerap tenaga kerja. Dengan begitu, orang yang belum mendapat pekerjaan akan lebih mudah untuk mendapat pekerjaan baru. Hal ini tentu saja juga berimbas terhadap suatu negara untuk mengurangi tingkat pengangguran di negaranya. Selain dapat mengurangi pengangguran, penyerapan tenaga kerja juga mampu mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan perdagangan internasional juga membuat persaingan pasar ekonomi menjadi lebih ketat. Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan harga yang lebih kompetitif, dan produk dengah harga yang lebih murah dapat dijual ke konsumen. Selain itu, kegiatan perdagangan internasional juga meningkatkan devisa negara melalui bea cukai dan biaya-biaya lainnya yang berkaitan dengan kegiatan ekspor impor barang dan jasa.

Hubungan antar negara semakin erat merupakan manfaat selanjutnya yang tentu saja tidak kalah penting dari manfaat lainnya. Hubungan baik ini terjalin antara negara-negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan perdagangan internasional.

Hambatan

Beberapa aturan yang menghambat perdagangan internasional adalah pemungutan tarif dan bea masuk barang, yang merupakan kondisi di mana pemerintah mengenakan pajak atas barang impor. Kemudian kendala lain yang dapat ditemukan dalam kegiatan perdagangan internasional adalah kuota impor, yaitu pemerintah menetapkan hanya barang-barang tertentu yang boleh masuk dengan syarat tertentu.

Dalam kegiatan perdagangan internasional, pastilah membutuhkan biaya kirim barang yang bervariasi. Misalkan saja dari negara tetangga, Singapura. Biaya ongkir Singapore ke Indonesia bervariasi tergantung dari berat barang serta perusahaan jasa pengiriman logistik yang kalian pilih.

Selain kegiatan perdagangan antar negara, kalian juga bisa melakukan kegiatan kirim barang dari luar negeri dengan mudah menggunakan jasa pengiriman yang khusus melayani pengiriman barang (ekspor dan impor) paket melalui kurir ke luar negeri.