KIAT KIAT BISNIS E-COMMERCE BAGI PEMULA

 

Di era digita banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget. Entah itu bermain game atau sedang surfing di sosial media. Bagi orang yang pandai, mereka akan memanfaatkan gadget agar menghasilkan uang. Mulai dari berjualan via online, membuat konten, dan lain sebagainya. Apalagi jika kamu memiliki banyak pengikut di akun akun sosial media kamu. Maka tidak sulit untuk memulai bisnis e-commerce.

Banyak yang memilih untuk menjalankan bisnis e-commerce. Apalagi di masa pandemi, himbauan bekerja dari rumah dan tinggal di rumah. Menjadikan banyak orang mengisi waktu luang dengan menjalankan bisnis e-commerce. Selain bisa lebih produktif di rumah juga menghasilkan keuntungan. Dengan bisnis e-commerce kamu nggak perlu keluar rumah,cukup menjalankan lewat gadget. Berikut ini kiat -kiat menjalankan bisnis e-commerce bagi pemula

 

  • Memilih Produk yang Laris untuk Di jual

 

Sebelum memulai bisnis e-commerce kamu harus menentukan barang yang akan kamu jual. Kamu harus jeli membaca peluang dalam hal ini.  Barang yang kamu jual adalah barang yang benar – benar menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti pandemi saat ini, barang yang laku untuk di jual adalah barang – barang kesehatan. Contohnya,masker,.minyak kayu putih, handsanitizer,desincfectan dan lain sebagainya.Namun tidak menyangkal kemungkinan bahwa banyak orang membutuhkan barang – barang lain

  • Siapkan modal

 

Kamu harus memilih ingin menjadi agen, reseller atau dropshiper. Jika kamu menjadi agen artinya kamu menjadi tangan pertama penerima barang dari produsen. Disini kamu harus mengeluarkan modal untuk membeli barang dari produsen. Artinya kamu harus membeli barang yang cukup banyak. Namun kamu akan mendapat potongan harga.

 

Jika kamu memilih menjadi reseller kamu harus membeli barang pada agen. Barang yang kamu beli tidaklah harus banyak seperti agen membeli pada produsen. Disini kamu bisa menentukan harga barang yang akan kamu jual dan juga keuntungan yang kamu dapatkan. Biasanya juga ada agen yang sudah menetapkan harga untuk reseller sehingga nanti untung yang kamu dapatkan ialah potongan dari harga yang ditetapkan agen. Jika ada pembeli yang memesan maka kamu harus mengemas dan mengirimkannya sendiri.

 

Jika kamu memilih menjadi dropshipper kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang tugas kamu hanya memasarkan barang dagangan saja. Nanti jika ada pemesanan kamu hanya tinggal menghubungi reseller atau agen maka mereka yang akan mengemas dan mengirimkan barang. Masalah harga kamu bisa menentukan sendiri dan jangan lupa untuk mengambil untung.

  • Tawarkan di marketplace

 

Marketplace adalah platform penyedia tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Marketplace biasa disebut juga sebagai online departemen store. Banyak sekali marketplace di Indonesia yang bisa membantu kamu untuk memasarkan dagangan kamu. Seperti contohnya Tokopedia, Bukalapak, Shoppe, Lazada, BliBli dan lain sebagainya

  • Banyak Koneksi dengan berbagai jasa pengiriman

 

Jika kamu harus mengirimkan barang ke luar kota atau luar negeri maka kamu harus bekerjasama dengan berbagai jasa pengiriman. Tentunya kamu harus membiarkan buyer memilih jasa pengiriman. Biasanya mereka akan memilih jasa pengiriman yang mempunyai ongkos kirim murah. Kami harus siap – siap mempunyai koneksi dengan jasa pengiriman.yang ada. Di Indonesia banyak jasa pengiriman seperti Pos Indonesia, JNE,J&T, Tiki, Si Cepat dan lain sebagainya. Solusi agar kamu tidak ribet menghubungi jasa pengiriman, kamu bisa menggunakan shipper.id. shipper.id adalah platform yang menyediakan jasa pengiriman barang. Shipper.id sudah bekerja sama dengan berbagai jenis jasa pengiriman. Di shipper.id kamu bisa cek tarif ongkos kirim dan cek resi  untuk  lacak paket  semua jasa pengiriman. Di shipper.id kamu nggak usah keluar rumah cari pelayanan jasa pengiriman karena shipper.id akan menjemput paket kamu di rumah secara gratis.

  • Siap Menerima Komplain Buyer

 

Resiko menjalankan bisnis e-commerce ialah komplain dari pembeli. Mulai dari kwalitas barang, barang rusak saat diterima hingga barang yang tak kunjung sampai. Jika kamu pemula menjalankan bisnis e-commerce kamu harus memastikan barang yang kamu jual berkualitas, harga sesuai dengan kualitas.

Jika kamu melakukan pengemasan sendiri kamu harus memberikan keamanan tambahan, terlebih jika yang kamu jual ialah barang elektronik dan barang pecah belah.

Untuk komplain barang yang tak kunjung datang. Kamu bisa cek resi. Resi ialah nomer pengiriman yang memudahkan kamu melacak pengiriman. Jika kamu menggunakan shipper.id kamu bisa cek resi hingga 10 nomer resi. Cukup 1 klik lacak paket kamu bisa mengetahui dengan mudah dan cepat keberadaan barang kamu.

Itulah kiat kiat menjalankan bisnis e-commerce bagi pemula. Semoga bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan dengan baik dan sukses.