Ini 6 Kandungan Gizi Mayonaise yang Tidak Banyak Orang Tahu!

Mayonaise merupakan makanan yang berbahan dasar minyak nabati, telur ayam, dan cuka. Saus Mayonaise ini, biasanya digunakan sebagai dressing salad atau makanan siap saji lainnya. Seperti saus Mayonaise Maestro yang memiliki rasa creamy dan kekentalannya tepat. Mayonaise ini juga memiliki cita rasa yang spesial.

Makanan yang lezat terasa kurang jika belum diketahui nilai gizinya. Begitu pula dengan mayonaise. Dengan mengetahui kandungan gizinya, maka diharapkan konsumen akan lebih bijak saat mengonsumsinya. Berikut adalah 5 Kandungan gizi pada mayonaise.

  1. Vitamin A

Seperti yang diketahui, vitamin A memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata tak hanya itu, vitamin A juga memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan organ reproduksi, mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, dan mengurangi risiko munculnya penyakit kronik.

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Manfaatnya yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu proses pemulihan, sebagai antioksidan, merawat kesehatan, produksi kolagen, dan mengatasi peradangan kulit.

  1. Vitamin D

Manfaat vitamin D adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga fungsi paru dan jantung, mencegah kanker, mengatasi depresi, dan menurunkan risiko diabetes,

  1. Protein

Tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi asam amino esensial sendiri. Karenanya penting menjaga asupan makanan dan minuman yang kaya protein untuk tubuh.

Berikut manfaat protein bagi kesehatan, yaitu menurunkan berat badan, meningkatkan massa dan kekuatan otot, mencegah kerontokan rambut, menjaga kekuatan tulang, dan mempercepat penyembuhan luka.

  1. Kalium

Kalium atau potasium erat kaitannya dengan tugasnya sebagai salah satu elektrolit dalam tubuh. Elektrolit ini berfungsi untuk mengatur cairan tubuh, mengatur kontraksi otot, dan sebagai penghantar sinyal listrik pada saraf. Selain itu, kalium juga bisa menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, memelihara fungsi saraf, mencegah batu ginjal, menjaga kepadatan tulang, dan mencegah kram otot.

  1. Lemak

Kandungan lemak pada mayonaise buatan sendiri kurang lebih 85%. Sementara untuk mayonaise buatan pabrikan berkisar 70–80%. Kandungan lemak yang tinggi ini tentunya akan berbahaya jika tidak diimbangi dengan makanan yang sehat. Untuk itu mencampurkan Mayonaise ke dalam menu diet seperti salad, dinilai efektif untuk keseimbangan gizinya.

Semua kandungan gizi di atas tentu juga harus diimbangi dengan menu berimbang. Karena tanpa menu yang seimbang dan gaya hidup sehat, maka semua kandungan gizi di atas hanya menjadi wacana saja. Semangat untuk menjaga kesehatan, ya.